Jalan-jalan Rame-rame Bersama AirAsia

Kunjungi Dewa Muruga Terbesar di Dunia

Patung Dewa Muruga terbesar di dunia yang ada di Batu Cave. Di belakangnya ada kuil gua yang telah berusia ratusan tahun. (Foto: Yosi/JatimTIMES)
Patung Dewa Muruga terbesar di dunia yang ada di Batu Cave. Di belakangnya ada kuil gua yang telah berusia ratusan tahun. (Foto: Yosi/JatimTIMES)

KEDIRITIMES, KUALA LUMPUR – Setelah Singapura, rombongan masuk ke Malaysia. Destinasi wisata pertama yang dikunjungi adalah Batu Cave. Ini adalah sebuah gua dan kuil gua Hindu dengan patung Muruga terbesar di dunia. Dewa Muruga adalah saudara dari Dewa Ganesha.

Letaknya sekitar 13 kilometer ke utara dari Kuala Lumpur. Terletak di Distrik Gombak. Batu Cave juga merupakan nama desa setempat.

Patung Muruga ini tingginya mencapai 42,7 meter. Bercat emas dan membelakangi bukit kapur. Patung ini dibangun pada 2003.

Di belakangpatung Muruga ada tangga menuju ke kuil gua. Diperkirakan kuil gua ini tingginya 100 meter dari permukaan tanah. Jumlah anak tangga menuju ke gua itu adalah 272 buah.

Kuil gua ini adalah lokasi peribadatan warga keturunan India penganut Hindu. Keberadaan kuil gua bersama para patung di dalamnya sudah berusia ratusan tahun.

Di Kuala Lumpur dan Malaysia, warga keturunan India beragama Hindu diperkirakan mencapai 20 persen.

Kondisi di dalam gua banyak terdapat kelelawar. Selain itu juga banyak tetesan air dari atap gua sehingga kondisinya lembab.

Kuil ini ramai ketika bulan Januari-Februari. Sebab pada saat itu ada festival Thaipusam yang telah digelar lebih dari 100 tahun lalu. Penganut Hindu dari seluruh dunia berdatangan ke lokasi ini.

Ada prosesi terkenal yang dilakukan dalam festival Thaipusam. Salah satunya adalah menusuk bagian tubuh pemuja Muruga dengan besi.

Lalu mereka menaiki tangga hingga menuju ke kuil gua dan menjalankan prosesi-prosesi.  ”Itu dipercaya sebagai sebuah penebusan dosa,” ungkap M.Nur, pemandu asal Malaysia kepada JatimTIMES.

Di bagian luar Batu Cave dipenuhi dengan warung-warung yang menjajakan makanan khas India. Juga suvenir-suvenir khas India.

Bagi pengunjung yang ingin berfoto, bisa juga bermain dengan burung merpati yang jumlahnya ratusan. Cukup dengan menebar jagung, maka burung merpati akan datang. Di lokasi ini juga banyak terdapat kera ekor panjang.

Jalan-jalan Rame-rame Bersama AirAsia adalah program traveling yang dikelola AirAsia Travel Service Center (ATSC) Malang.

Program ini punya empat paket tur yang bisa dipilih. Pertama adalah paket Singapura-Malaysia selama tiga hari dua malam. Biayanya hanya Rp 3,5 juta per orang.

Kedua paket Malaysia-Thailand selama 3 hari dua malam dengan biaya Rp 4 juta per orang. Ketiga paket Malaysia selama tiga hari dua malam sebesar Rp 3 juta per orang.

Dan keempat paket Singapura, Malaysia dan Thailand selama lima hari empat malam dengan biaya Rp 5,5 juta. (bersambung)

Pewarta : Yosi
Editor : Yosi Arbianto
Publisher : Yosi Arbianto
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top