Ini 10 Manfaat Memanah Versi Persatuan Panahan Indonesia Kota Malang

Yudi Purwanto saat melatih anak didiknya dalam persiapan POPNAS(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Yudi Purwanto saat melatih anak didiknya dalam persiapan POPNAS(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

KEDIRITIMES, MALANG – Olahraga panahan di Kota Malang memang bukan jenis olahraga baru. Namun, sebagain masyarakat bisa jadi masih menganggap olahraga ini hanya sekadar meluncurkan sebuah mata anak panah tanpa melihat manfaat lain.

Namun anggapan itu sebenarnya salah, bahkan sebaliknya Panahan malah mempunyai banyak manfaat. 

Ketua Persautan Panahan Indonesia (Perpani) Pengurus Cabang (Pengcab) Kota Malang Yudi Purwanto mengungkapkan sebenarnya olahraga panahan ini memiliki beberapa manfaat bagi manusia.

Atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan kekuatan besar, ketahanan, dan fokus untuk tampil optimal. 

"Olahraga ini mempunyai manfaat salah satunya membuat seseorang lebih fokus dan membuat yang bersangkutan bisa mengendalikan emosi. Tanpa disadari manfaatnya memang sangat besar, terlebih lagi bagi anak-anak," ujarnya.

Lanjutnya,  mereka yang tidak akrab dengan olahraga ini akan memandangnya  hanya sebagai olahraga biasa. 

"Selain fisik manfaat lainnya juga banyak, termasuk melatih mental. Ada sekitar 10 manfaat dari olahraga panahan ini," tandasnya saat ditemui MalangTIMES di Lapangan Jengger Ayam saat melakukan latihan panah, Minggu (30/7/2017).

Berikut manfaat dari olahraga panahan menurut Ketua Perpani Pengcab Kota Malang. 

Pertama, meningkatkan koordinasi tangan dan mata beserta keseimbangannya. Kedua, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.

Ketiga, membangun kekuatan tubuh melalui gerak. Keempat, meningkatkan kesabaran.

Kelima, meningkatkan daya fokus otak. Keenam, membangun kepercayaan diri dalam mengahadapi sesuatu. Ketujuh, olahraga sosial yang memungkinkan seseorang banyak berinteraksi dengan rekan team. 

"Slain itu yang ke delapan, membentuk latihan kebugaran tubuh. Kesembilan merelaksasikan tubuh dengan ketenangan, dan yang terakhir bisa dimainkan oleh semua orang bahkan untuk mengukir prestasi," pungkasnya

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top