Pembukaan Festival Kelud 2018 Pukau Wisatawan Mancanegara

Para wisatawan mancanegara negara menghadiri pembukaan Festival Kelud. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)
Para wisatawan mancanegara negara menghadiri pembukaan Festival Kelud. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Festival Kelud 2018 di kawasan wisata Gunung Kelud di Desa Sugih Waras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Sabtu (15/9/18). 

Festival tersebut digelar mulai tgl 15 September sampai 7 Oktober. Event tahunan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif khususnya mendorong pada sektor perekonomian.

Berbagai kegiatan akan diadakan, diantaranya pameran dan bazar UMKM, Fashion Barong, Ritual Sesaji Gunung Kelud, pertunjukan jaranan, art performace, festival nanas dan pameran buah, pertunjukan band pelajar SMP/SMA, lomba layangan sambitan, dan wayang kulit.

Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan, Festival Kelud ini sudah rutin menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kediri. Kelud adalah ikon dan sekaligus acara ini untuk menarik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. 

"Festival Kelud ini digelar untuk mengangkat potensi usaha masyarakat Kabupaten Kediri. Ini juga agar UMKM kita terkenal, sehingga barang – barang hasil buatan UMKM banyak yang terjual dan otomatis ekonomi masyarakat juga terangkat,” ujar bupati ditemui usai acara pembukaan. 

Sementara itu Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan mengungkapkan, wisatawan yang hadir ke Kabupaten Kediri tiap tahunnya bertambah seiring diadakannya festival – festival yang digelar.

"Sangat pesat peningkatannya. Kita menghitungnya tiket masuk dan wisatawan dari mancanegara juga ada hari ini, ada yang dari Perancis, Swedia, Korea, Brunei Darusalam,” ucapnya.

Hal senada, diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri Adi Suwignyo, bahwa event tahunan ini untuk memperkenalkan ikon Kabupaten Kediri Wisata Gunung Kelud. Selain promosi destinasi wisata, Festival Kelud ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Gunung Kelud dengan usaha UMKM-nya.

"Semoga dengan Festival Kelud yang sudah digelar ketiga kalinya di tahun ini, mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar lereng Kelud dengan UMKM-nya," tandasnya. 

Pesona Gunung Kelud dengan panorama yang tersohor itu bakal memikat dan membuat daya tarik untuk menyedot ribuan wisatawan lokal maupun dari mancanegara.

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top