Di Tangan Wiwik, Kulit Pisang Jadi Keripik Lezat dan Menyehatkan

Proses pembuatan keripik yang terbuat dari kulit pisang. (eko Arif s/JatimTimes)
Proses pembuatan keripik yang terbuat dari kulit pisang. (eko Arif s/JatimTimes)

KEDIRITIMES – Di Indonesia sebagai negara tropis, buah pisang adalah salah satu komoditas tanaman yang tumbuh subur. Karena melimpah, pisang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Khasiat pisang tak hanya sebagai sumber karbohidrat, tetapi juga sumber vitamin, serat, dan beta karoten. Konsumsi satu pisang sehari akan mencegah serangan jantung. Tidak hanya dagingnya, ternyata kulit buah pisang pun tak kalah bermanfaat. 

Jika selama ini orang-orang menganggap kulit pisang adalah sampah, di tangan Wiwik Wijayanti -warga Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri-, kulit pisang dimanfaatkan menjadi camilan lezat dan tergolong unik.

Oleh Wiwik, kulit pisang diolah menjadi keripik yang bercita rasa lezat dan sangat menggoda. Bahkan, keripik kulit pisang memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan keripik-keripik pada umumnya. 

Wiwik mengatakan, ide membuat keripik kulit pisang, berawal ketika mengikuti pelatihan pembuatan keripik jamur dan pisang. Dari situ, muncul ide agar kulit pisang menjadi bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis tidak hanya berakhir sebagai pakan ternak.

"Kemudian saya mencoba formula cara menghilangkan getah kulit pisang dengan cara merendam kulit pisang selama dua hari menggunakan air garam dan akhirnya berhasil,"bujarnya saat memberikan keterangan di rumahnya, Jumat (19/10/18). 

Dengan dibantu dua orang karyawan, saat ini penjualan keripik kulit buah pisang miliknya masih mengandalkan penjualan di pasar dan dititipkan ke sejumlah toko khusus oleh-oleh. 

Ia berharap pemerintah daerah bisa memberikan bantuan alat pengiris serta bantuan pemasaran dan modal. Dengan begitu, pemasaran keripik kulit pisang bisa merambah luar daerah.

Keripik kulit buah pisang yang diproduksi oleh Wiwik memiliki empat varian rasa. Yakni original, balado, manis dan cokelat. 

Keripik kulit pisang bukan berarti tidak memiliki nilai gizi dan nutrisi. Kulit pisang menyimpan berbagai serat yang sangat tinggi, memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin C, dan kalsium. Berbagai penelitian yang ada telah menunjukkan kulit pisang mempunyai manfaat yang mampu menjaga kesehatan retina mata serta mengurangi gejala depresi. (*) 

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top