Ingin Beli Mangga Podang yang Berkualitas Baik, Ini Tipsnya

Mangga hasil panen para petani di Kecamatan Banyakan. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)
Mangga hasil panen para petani di Kecamatan Banyakan. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Berbicara soal buah, Kediri merupakan salah satu sentra produk mangga di Provinsi Jawa Timur. Varietas mangga yang banyak terdapat di Kabupaten Kediri adalah mangga podang. Sentra produk mangga terdapat di Kecamatan Semen, Banyakan, Grogol dan Tarokan. 

Mangga podang memiliki karakteristik berwarna kuning mulus dan bersih. Dari tampilan memang mirip seperti mangga produksi luar negeri.

Bila Anda dalam perjalanan dari Kediri menuju Nganjuk melewati wilayah Kecamatan Banyakan akan menemui deretan penjual mangga podang di tepi jalan. Pasar Banyakan memang dikenal sebagai pasar mangga podang. 

Menurut Koordinator PPL Kecamatan Grogol Prasetyo Utomo menjelaskan, ini tips cara memilih mangga podang yang baik, pilih mangga yang matang, pilih yang berwarna hijau kekuningan, berkulit licin dan beraroma harum. Khusus mangga podang urang ada semburat merah di bagian pangkal buah. Jangan memilih mangga yang terlalu keras atau justru terlampau lembek, tampak memar atau berbau fermentasi.

“Pilih yang kulitnya halus dan harum. Bonggol dan ujung pangkalnya berwarna kuning kemerahan dan harumnya sampai ke ujung buah. Kulitnya pun mulus dan kencang, tidak mengkerut,” jelas pria asli Gurah ini kepada KEDIRITIMES. 

“Sebaiknya pilih yang berwarna hijau kuning kemerahan, karena akan terasa lebih manis dan enak saat dimakan. Jangan pilih yang hijau muda, karena masih belum masak,” terangnya.

Prasetyo menambahkan, terdapat tiga varietas mangga podang asal Kabupaten Kediri, yaitu mangga podang urang cirinya berwarna kulit buah merah jingga, rasa buah manis segar dengan aroma harum yang tajam dan serat halus. Mangga podang lumut, kulit buahnya berwarna kuning kehijauan dan rasa buah manis agak asam. Ketiga mangga podang nanas berwarna kulit buah kuning, rasa buah manis agak asam.

"Dari ketiga varietas tersebut yang paling menarik penampilannya dan enak rasa buahnya adalah Mangga podang urang. Paling nge-hits dan dicari,” tandasnya. 

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top