Inilah Lima Bioskop di Kota Kediri yang Pernah Berjaya di Eranya

Gedung teater Garuda yang kini hanya tinggal bangunan tua. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)
Gedung teater Garuda yang kini hanya tinggal bangunan tua. (foto: Eko Arif S/ JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Hingar bingar dunia perfilman di Kota Kediri cukup marak pada dekade 80an hingga 90an. Sedikitnya ada sebanyak 5 gedung bioskop di Kota Kediri yang sempat berjaya sebelum tahun 90-an. 

Gedung bioskop tersebut menjadi tempat andalan warga Kota Kediri untuk sekadar menikamti romantisme akhir pekan, atau sekadar kencan bersama pacar.

Setiap harinya gedung bioskop tersebut memutar film-film unggulan, mulai dari box office, Bollywood hingga film buatan karya anak negeri. 

Fenomena pembelian karcis dan antrean panjang untuk masuk dalam pintu bioskop menjadi hal yang indah sekaligus jadi tantangan. .

Umumnya penjaga pintu berperawakan besar dan ala gaya preman. Tapi tak jarang terlihat ada petugas yang berpakaian preman juga turut serta menjaga kemanan di bioskop tersebut. 

Menurut Dadang (47) warga Kelurahan Banjaran Kecamatan Kota Kediri, yang mempunyai hobi nonton film mengungkapkan,"di Kota Kediri ada 5 bioskop, namun yang paling terkenal ialah Bioskop Jaya.Sekitar 1987 hingga 1993, Bioskop Jaya populer dengan bioskopnya anak muda, karena film yang diputar di Bioskop Jaya kalau bukan film anak muda ya film barat," ungkapnya. 

Dadang mengenang, Bioskop Jaya berbeda dengan Bioskop Kencana atau atau Bioskop Sentral. Bioskop Kencana dan Sentral lebih banyak memutar film India. Berbeda pula dengan Bioskop Garuda yang beradadi  kampung pecinan, sebelah timur Klentheng. Saat itu Garuda sering memutar film terbaru dari kawasan Asia. 

"Favorit saya dulu nonton di Bioskop Jaya seperti film Lupus dan Catatan Si Boy. Karena film-film itu hits anak muda," terang pria satu anak ini. 

Nostalgia zaman dahulu di bioskop menjadi cerita menarik tersendiri yang tak bisa dibandingkan saat ini. Banyak pula percintaan terikat dari bioskop. 

Seiring perkembangan zaman membuat satu per satu terkapar bertumbangan. Saat ini yang tersisa hanya tinggal kenangan, sebagian masih terlihat bangkai gedung tua dan mangkrak.

Inilah 5 Bioskop Kota Kediri di era jaman 80an hingga 90an yang sempat berjaya. 

1.Jaya

Bioskop ini letaknya di jalan Brawijaya Kota Kediri, depannya kantor polisi. Ini adalah bioskop terelit di kota Kediri di masanya. Bioskop Jaya ini seringkali menjadi gerbang masuknya film-film baru di Kota Kediri.

2.Garuda

Bioskop ini terletak di Jalan Yosudarso, terletak di kawasan pecinan dekat klentheng di sisi timur Kali Brantas. Di zamannya termasuk bioskop elit di Kediri walau dari segmen yang lain. Bioskop ini lebih sering memutar film-film terbaru dari kawasan Asia

3.Kencana 

Bioskop ini letaknya di Jalan Panglima Sudirman Kota Kediri, yang kini sudah beralih fungsi menjadi Ramayana Store. Bioskop ini biasanya memutar film seperti film India, mandarin action, film Indonesia remaja. 

4.Sentral

Bioskop ini terletak di Jalan Patimura Kota Kediri. Bioskop ini kelasnya selevel dengan Bioskop Kencana,walau terkenalnya sebagai bioskop film-film India. 

5.Pagora

Terletak diperkampungan di Kelurahan Setonopande Kota Kediri. Bioskop ini dulunya sering memutar film India. 

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top