Puluhan Pelajar-Mahasiswa Berguru Fotografi Kreatif ke Komunitas Penikmat Foto Kediri

Sesi foto bersama peserta workshop dengan panitia workshop Seni Fotografi Kreatif. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)
Sesi foto bersama peserta workshop dengan panitia workshop Seni Fotografi Kreatif. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Komunitas fotografer (FG) di Kediri yang tergabung dalam Penikmat Foto untuk kali pertama  menggelar workshop "Seni Fotografi Kreatif".  Kegiatan yang bertempat di Warung Titik Nol Kediri ini diikuti 50 pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Kota Kediri, Jombang, Sidoarjo, Malang, dan Tulungagung.

Bagus Saputro selaku ketua panitia, menuturkan bahwa workshop ini dimaksudkan untuk mengedukasi dan meregenerasi para penghobi fotografi serta fotografer muda. Tujuannya agar mereka mempunyai bekal dasar untuk bisa menjadi fotografer yang lebih kreatif dan inovatif. 

"Kegiatan ini kami maksudkan untuk berbagi pengalaman kami dari para pemateri. Pelajar atau mahasiswa yang memiliki hobi fotografi atau yang memiliki ketertarikan khusus terhadap ilmu fotografi diharapkan dapat mengembangkan skill fotografinya lebih dalam. Dan ke depan mampu bersaing dengan fotografer profesional lainnya" terang Bagus, Minggu (04/11/2018).

Kegiatan ini diisi  pemateri Bagus Saputro dan Nanang Suhartono yang fokus di fotografi visual artis, Yudha Kriswanto dari Fotografer Jurnalistik, dan dilanjutkan dengan hunting konseptual bersama WiekART dan Tri Asri R (fotografi visual artis).

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB  itu dimulai dengan pengenalan teknik dasar fotografi dari pemateri. Secara bergantian, para pemateri workshop menjelaskan elemen dasar teknik fotografi, bagaimana prinsip dasar awal dalam ide membuat sebuah foto, yaitu aperture (diafragma), shutter speed dan ISO. Ketiga teknik dasar ini harus dipahami terlebih dahulu oleh pemula sebelum mempraktikkan beragam teknik-teknik fotografi yang lebih rumit.

Lanjut Bagus mengatakan, antusiasme peserta workshop cukup bagus. Peserta menunjukkan motivasi yang besar untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang fotografi.

"Dilihat dari tiga jam workshop, 70 persen adalah tanya jawab dari para peserta. Pertanyaannya pun variatif. Sudah bukan teknik, tapi sudah ke poses visual, pengambilan foto, cara membuat ide, konsep foto, hingga kegunaan sebuah foto dalam bidang desain," kata Bagus.

Peserta juga langsung diajak untuk mempraktikkan ilmu yang ia dapat dari workshop dengan langsung  hunting konseptual bersama WiekART dan Tri Asri.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama semua peserta dengan panitia. Acara yang berlangsung selama kurang lebih lima jam ini diharapkan bisa memberikan pengalaman dan ilmu baru, sekaligus memberikan penyegaran bagi peserta di tengah sibuknya memikirkan pelajaran. (*)
 


 

 

Pewarta : Bambang Setioko Kediri TIMES
Editor : Yunan Helmy
Publisher : sandi permana soebagio
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top