Terkumpul Ratusan Juta, Wali Kota Kediri Salurkan Bantuan Gempa Sulteng dari Warga Mojoroto

Wali kota Kediri saat menerima bantuan untuk korban bencana Palu. (ist)
Wali kota Kediri saat menerima bantuan untuk korban bencana Palu. (ist)

KEDIRITIMES – Bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu, Donggala, dan Sigi di Sulawesi Tengah (Sulteng) dari warga Kediri terus mengalir.  Terbaru, bertempat di ruang  kerjanya Rabu (7/11/2018),  Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menerima bantuan dari Kecamatan Mojoroto. 

Kecamatan Mojoroto menyerahkan bantuan sebesar 276.272.500 rupiah serta barang-barang kebutuhan pokok. Bantuan logistik yang terkumpul yakni bahan makanan sejumlah satu pikap, peralatan salat, karpet dan pakaian layak pakai sejumlah dua truk. 

Bantuan tersebut terkumpul dari warga Kecamatan Mojoroto serta karang taruna se-Kecamatan Mojoroto. Selanjutnya bantuan tersebut akan didistribusikan ke Palu, Sigi, dan Donggala melalui BPBD  (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Timur.

Wali kota Kediri yang akrab disapa Mas Abu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Mojoroto yang telah memberikan bantuan. “Saya ucapkan terima kasih kepada warga dan karang taruna Kecamatan Mojoroto. Ternyata kalau untuk amal, warga luar biasa responsnya. Saya pesan jangan bosan untuk membantu sesama. Bantuan ini tidak sepeser pun kami ambil. Setelah diterima Dinsos, selanjutnya  Dinsos akan diaudit oleh Inspektorat lalu dilaporkan ke provinsi,” ujarnya.

Mas Abu menyampaikan beberapa waktu lalu dirinya telah menyalurkan langsung bantuan yang dihimpun Kecamatan Mojoroto untuk korban gempa di Lombok. Saat itu Kecamatan Mojoroto menyerahkan bantuan sebesar Rp 203.040.000. 

“Saya menyerahkan langsung ke bupati Lombok Utara. Masyarakat di sana membutuhkan alat dan bahan bangunan seperti palu, gergaji, gedhek, galvalum, paralon, dan pompa air. Kalau masyarakat mau menyumbang lagi, silakan disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Sementara, Camat Mojoroto Mohammad Ridwan mengatakan pihaknya memang roadshow ke kelurahan-kelurahan untuk menyosialisasikan kegiatan penggalangan bantuan untuk korban di Palu, Sigi, dan Donggala. 

"Awalnya sempat ragu untuk melibatkan warga karena sebelumnya warga sudah  menyumbang untuk korban bencana di Lombok. Namun kami bertekad memfasilitasi warga yang masih ingin membantu para korban bencana di  Sulawesi juga. Ternyata dana yang terkumpul malah lebih banyak dibandingkan  sebelumnya," kata dia.

Serah terima bantuan ini dihadiri Kepala Dinsos Kota Kediri Triyono Kutut, Kapolsek Mojoroto AKP Sartana, Danramil Mojoroto Kapten Czi Muklasin, 4 ketua RT di Kecamatan Mojoroto, dan 3 orang karang taruna di Kecamatan Mojoroto. (*)

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top