Gandeng Dinkes, Kodim 0809/Kediri Gelar Program Pelayanan KB Gratis

Suasana pelayanan KB gratis dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)
Suasana pelayanan KB gratis dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Kodim 0809/Kediri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri serta DP3AP2KB Kabupaten Kediri melalui Puskesmas Pembantu (Pustu) Ringinrejo mengadakan program pelayanan KB gratis yang diselenggarakan di Pustu Ringinrejo. Pelayanan KB tersebut diadakan dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya. 

Penanganan pelayanan KB ini terbagi dalam dua jenis, yakni implant dan IUD. Dalam pelaksanaannya, dr Wiwin S. menangani langsung dan pengawasan dilakukan Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito bersama Danramil Kandat Kapten Inf Sunarjo.

Dari pantauan di lokasi terlihat, Pelda Rubianto, Pelda Didik, Pelda Mursalim serta babinsa Desa Purwodadi Koptu Zainudin turut membantu ibu-ibu PKK maupun mahasiswa yang berlatar belakang kesehatan, baik saat pendaftaran, antrean hingga operasi.

"Tercatat ada 92 orang yang menjalani pelayanan KB ini dan 90 orang dinyatakan lolos melewati tes kesehatan. Dari 90 orang tersebut, 71 orang menjalani pelayanan KB jenis implant dan 19 orang menjalani jenis IUD," kata Pelda Rubianto.

 Pelda Rubianto menuturkan, pendaftar pelayanan KB tersebut berasal dari Desa Batuaji, Dawung, Deyeng, Jemekan, Nambaan, Purwodadi, Ringinrejo, Sambi, Selodono, Srikaton dan Susuhbango. 

Sementara itu dari keterangan dr Wiwin, dua orang yang tidak lolos tes kesehatan tidak dapat menjalani operasi dikarenakan kondisi fisiknya tidak memungkinkan dan berisiko.

"Kami memastikan, operasi dijalankan secara profesional dan segala peralatan medis berstatus steril. Di samping itu, operasi yang dijalankan sudah umum dilakukan," ungkapnya.

Menanggapi jumlah pendaftar, Kapten Inf Warsito menyatakan sudah cukup bagus dan lumayan banyak,l walaupun target yang sebenarnya mencapai 110 orang. Kendati tidak sesuai target, jumlah pendaftar 90 orang bisa dikatakan cukup sukses lantaran kesiapan pelaksanaan dengan saat pelaksanaan, waktunya cukup berdekatan. (*)

Pewarta : Bambang Setioko Kediri TIMES
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top