Untuk Tekan DB, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Lakukan Supervisi ke Semua Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri saat memberikan fogging salah satu rumah warga. (Eko Arif S /JatimTIMES)
Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri saat memberikan fogging salah satu rumah warga. (Eko Arif S /JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Untuk menekan dan memberantas demam berdarah, Dinas Kesehatan Kabupaten melakukan supervisi ke semua puskesmas di jajarannya tiga hari sekali. Sebelumnya, supervisi dilakukan hanya satu kali dalam satu minggu.

Kasi Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinas Kesehatan Kabuaten Kediri, Nur Munawaroh mengatakan, pihaknya berupaya terus meningkatkan supervisi ke tempat- tempat yang dijadikan sampel bersama petugas di puskesmas- puskesmas.

"Minggu ini, Dinas Kesehatan mengunjungi 26 puskesmas pada Jumat. Setelah itu, pada Sabtu kemarin, pihaknya mengunjungi 11 puskesmas lagi. Jadi seminggu ini, dua kali di wilayah kerja 37 puskesmas. Hari Jum’at dan Sabtu," katanya, Senin (18/2/19).

Supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, sebelumnya dilakukan di salah satu lokasi penelitian dalam satu desa. Obyek rumah yg diteliti untuk supervisi, jumlahnya beragam. Per desa bisa dua hingga 10 rumah.

Nur Munawaroh menambahkan, supervisi menyeluruh yang dilakukan pihaknya memerlukan waktu cukup lama untuk setiap rumah. Selain itu, pihaknuya juga menekankan kualitas supervisi .

Berdasarkan data terbaru per Jumat (15/2) kemarin, jumlah kasus DB pada bulan ini yang dilaporkan ada sebanyak 84 kasus. Dua korban DB di antaranya meninggal dunia. Sedangkan untuk kasus yang dilaporkan pada Januari kemarin sebanyak 487 kasus dengan 12 di antaranya meninggal dunia.

Dinas Kabupaten Kediri mencanangkan target pencapaian angka bebas jentik (ABJ) hingga 60 persen. Angka tersebut dinilai cukup realistis oleh pihaknya.

Sementara itu, tren peningkatan ABJ juga sudah mulai terlihat dalam tiga kali supervisi yang dilakukan. Meskipun begitu, ABJ terbaru masih berada di angka 52,87 persen.

 

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top