Hadapi Revolusi Industri 4.0 Eva Sundari Berharap Perubahan Mind Set dan Perilaku Masyarakat

Sosialisasi Peran Bank Indonesia Dalam Memfasilitasi Perekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif di Basement Simpang Lima Gumul Kediri, Kamis (28/02/2019). (Foto: Istimewa)
Sosialisasi Peran Bank Indonesia Dalam Memfasilitasi Perekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif di Basement Simpang Lima Gumul Kediri, Kamis (28/02/2019). (Foto: Istimewa)

KEDIRITIMES – Kehadiran teknologi komunikasi dan big data membuka peluang bisnis dengan orientasi bagaimana memenuhi kebutuhan barang dan jasa agar masyarakat hidup lebih mudah, murah, nyaman, dan aman. Beberapa contoh adalah Gojek, BukaLapak, Tokopedia, dan Traveloka, 

Demikian diungkapkan Anggota DPR RI Komisi XI Eva Kusuma Sundari ketika hadir dalam kegiatan Sosialisasi Peran Bank Indonesia Dalam Memfasilitasi Perekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif di Basement Simpang Lima Gumul Kediri, Kamis (28/02/2019).

Dalam paparannya di depan peserta Eva Sundari berharap ada perubahan pola pikir (mind set), perilaku dan gaya kerja masyarakat untuk siap menghadapi tantangan-tantangan perubahan lingkungan termasuk Revolusi Industri 4.0.

Memajukan kesejahteraan umum harus menjadi fokus Indonesia saat ini karena amanah Pancasila jelas, Sosial Demokrasi (sila 4 dan 5) meminta agar demokrasi Ekonomi (kemakmuran) sejalan dengan demokrasi politik.

“Kunci negara makmur kalau rakyatnya mau aktif berkarya dan berbisnis. Seperti halnya Korsel dan Jepang yang di tahun 1945 lebih miskin dari Indonesia. Sekarang bisa melakukan lompatan ekonomi karena rakyatnya aktif berbisnis,”  terang Eva Sundari.

Sementara itu perwakilan dari Bank Indonesia Kediri, Merry Komala Sari, menjelaskan bahwa untuk memfasilitasi program bisnis digital masyarakat harus mulai memakai sistem pembayaran non tunai (cashless).

“Salah satu indikator ekonomi digital adalah E-money yang menjamin keamanan dan percepatan pelayanan transaksi ekonomi. Selain aman, E-money menjamin transparansi, akuntabilitas sehingga bisa menghindari ekonomi biaya tinggi,” jelas Merry Komala Sari.


 

 

Pewarta : Bambang Setioko Kediri TIMES
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top