Gelar Bursa Kerja, Pemkot Kediri Juga Adakan Pelatihan Kerja Mandiri Gratis

Wakil Wali Kota Kediri Ning Lik didampingi kepala Dinas Koperasi dan UMTK ketika mengunjungi beberapa stan perusahaan serta berdiskusi langsung dengan para pencari kerja dan penyedia pekerjaan. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)
Wakil Wali Kota Kediri Ning Lik didampingi kepala Dinas Koperasi dan UMTK ketika mengunjungi beberapa stan perusahaan serta berdiskusi langsung dengan para pencari kerja dan penyedia pekerjaan. (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Pemerintah Kota (Pemkot Kediri terus menekan angka pengangguran dengan membuka bursa kerja 2019. Sebanyak 54 perusahaan berbagai sektor diajak serta dalam bursa kerja terbuka yang digelar pada 13-14 Maret di GOR Jayabaya. Lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan tersedia dalam bursa kerja ini.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah ketika membuka bursa kerja terbuka mengatakan, berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Dinkop UMKT), jumlah pencari kerja tahun 2018 sebanyak 2.683 orang. Sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 1.971 orang, baik penempatan di dalam maupun di luar negeri.

Lilik  menjelaskan bursa kerja ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri untuk terus menekan angka pengangguran. Tahun 2018 untuk kali pertama angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berhasil turun di angka 3,63 persen. Angka itu di bawah angka pengangguran terbuka Jawa Timur yang mencapai 3,99 persen.

"Tahun 2018 ini puncak suksesnya penurunan pengangguran di Kota Kediri. Sebab, untuk kali pertama  angka pengangguran terbuka di Kota Kediri berada di bawah Provinsi Jawa Timur," ujar Lilik.

Selain mengadakan bursa kerja, perempuan yang akrab disapa Ning Lik ini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Kediri juga mengadakan pelatihan kerja mandiri gratis. Peserta akan diberi skill yang dapat menunjang saat memasuki dunia kerja maupun menjadi seorang enterpreneur. Ditambah lagi dengan bantuan modal lewat dana bergulir. "Tentunya saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan program-program ini sebaik-baiknya," kata dia.

Ning Lik mengungkapkan  Pemerintah Kota Kediri tentu akan terus berupaya dan berevaluasi untuk selalu mengadakan bursa kerja. Sehingga mendekatkan perkerjaan kepada rekan-rekan pencari kerja di Kota Kediri.

Usai membuka bursa kerja, Ning Lik didampingi kepala Dinas Koperasi dan UMTK mengunjungi beberapa stan perusahaan serta berdiskusi langsung dengan para pencari kerja dan penyedia pekerjaan.

Bursa kerja ini disambut baik oleh pencari kerja. Misalnya Lathifa yang juga mengikuti bursa kerja. Dia mengaku senang karena bursa kerja ini diikuti oleh banyak perusahaan.

"Senang sekali karena banyak perusahaan bagus yang ikut di sini. Kami lebih mudah mencari perusahaan-perusahaan yang ingin kami tuju," ujarnya.

 

Pewarta : Bambang Setioko Kediri TIMES
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top