Tingkatkan Produktivitas Gula Jelang Ramadan

Yahya Hadi, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Jatim, mewakili Kamis bun saat memberikan keterangan pada awak media. (eko Arif s /JatimTimes)
Yahya Hadi, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Jatim, mewakili Kamis bun saat memberikan keterangan pada awak media. (eko Arif s /JatimTimes)

KEDIRITIMES – Persiapan menjelang hari besar keagamaan yang diikuti dengan kenaikan konsumsi sejumlah komoditas mula diantisipasi. Salah satunya pada konsumsi komoditas gula. 

Dinas Perkebunan  Provinsi Jawa Timur sudah menyiapkan kelengkapan bahan baku serta mengiventarisir stok gula yang ada di setiap pabrik gula. Inventarisasi stok, tidak hanya dilakukan di Pabrik Gula milik pemerintah PTPN 10, PTPN 11 melainkan juga pabrik gula yang dikelola langsung oleh pihak swasta.

"Kesiapan posisi saat ini, stok sampai dengan tanggal 15 Maret kalau nggak salah 2400 - 3000 ton. Kalau untuk Jawa Timur kebutuhan hari besar ada penambahan dari kebutuhan rutin,  itu naik sekitar 15 persen mas," Jelas Yahya Hadi selaku Bidang Pengelolaan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Selasa (9/4/19) Sore, ditemui usai mengikuti kegiatan diskusi publik dengan topik " Meningkatkan Produktivitas Gula jelang Ramadahan" yang digelar Jalan Media Communication (JMC), di Hotel Bukit Daun, Kediri, Jatim.

Yahya Hadi mengakui jika, harga gula yang sekarang ini cenderung mengalami relatif fluktuatif sehingga membawa dampak terjadinya penyusutan area lahan. "Luas jatim capaian angka tertinggi 250 ribu hektar, jadi kalau saat ini harga gula relatif fluktuatif mungkin mengalami penyusutan areal," katanya.

Karena dirasa sudah tidak memungkinkan lagi untuk menambah luas area lahan perkebunan tebu, salah satu upaya yang dilakukan untuk mendongkrak produktivitas per satuan luas. Karena itu, dia menyarankan kepada petani tebu untuk lebih intensif memaksimalkan  pengolahan lahan yang sudah ada.

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top