Peringati Hari Bumi Sedunia, Ini yang Dilakukan DLHKP Kota Kediri dengan Komunitas Sepeda Tua

DLHKP Kota Kediri bersama komunitas sepeda tua saat menanam pohon di area sumber jiput. (eko Arif s /JatimTimes)
DLHKP Kota Kediri bersama komunitas sepeda tua saat menanam pohon di area sumber jiput. (eko Arif s /JatimTimes)

KEDIRITIMES – Hari Bumi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 April, diperingati Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri dengan cara yang unik. 

Para peserta kegiatan memakai pakaian ala tempo dulu. Tema yang diusung dalam peringatan hari Bumi Sedunia dan Air sedunia tahun 2019 adalah "Air Sumber Kehidupan Dengan Air Memberikan Kehidupan Untuk Segalanya".

Dalam memperingati kedua hari tersebut, DLHKP bersama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kediri, dan Forum Komunitas Hijau (FKH) melakukan penanaman Pohon, Green Clean, sepeda santai, sekaligus juga ada pembagian berbagai doorprise dengan hadiah yang menarik.

Setidaknya ada sekitar 200 orang yang mengikuti kegiatan peringatan Hari Bumi Sedunia dan Air Sedunia, yang dilaksanakan DLHKP Kota Kediri di area Sumber Jiput, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas DLHK Kota Kediri, Didik Catur HP, MSi melalui Kepala Bidang Pertamanan dan Tata Lingkungan, Ir. Datik Indrijaswati, A.P, MM dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka menyelamatkan bumi, karena bumi yang begitu besar di dalamnya terdapat mengandung banyak molekul dan zat lainnya.

Bumi 70 persen itu diiringi oleh air, dan 30 persennya itu ada pulau, danau dan air bersih. Mengapa kita selalu gunakan, karena setiap hari kita menggunakan air bersih untuk minum, makan, mandi dan kebutuhan yang lainnya.

"Kemudian kepedulian masyarakat kita terhadap sampah, membuang sampah pada tempatnya tidak mau apalagi kok memilah. Jadi kesadaran untuk kebersihan kurang. Konsep hari ini untuk menyelamatkan bumi, tolong buang sampah pada tempatnya, untuk keberlangsungan anak cucu kita, "tegasnya, Minggu (21/4/19).

Kegiatan, Hari Bumi Sedunia dan Air Sedunia diisi dengan kegiatan penanaman tiga jenis pohon yakni, pohon Abar, Pule, trembesi sebanyak 15 pohon dan juga Green Clean, membersihkan area sumber Jimput dengan menyapu, menggunakan alat yang sudah dipersiapkan oleh DLHKP Kota Kediri.

Terpisah, Staff Bagian Pertamanam dan Tata ruang, Fajar, menjelaskan, kegiatan peringatan Hari Bumi dan Air Sedunia, DLHKP melakukan penanaman tiga jenis pohon. Untuk simbolisnya kita menanam pohon di area sumber jiput sebanyak 15 pohon, mulai pohon Abar, pohon Pule dan juga pohon Trembesi.

"Tidak hanya disini saja, kita juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon di sumber sumber lain yang ada di Kota Kediri, seperti Sumber Cakarwesi, sumber Banteng, dan sumber sumber lainnya," tandasnya. 

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top