Jelang Ramadhan, Gubernur Jatim Blusukan Ke Pasar Cek Harga Sembako

Gubernur Jatim didampingi Wali Kota Kediri sidak di pasar tradisional. (Eko Arif S /JatimTIMES)
Gubernur Jatim didampingi Wali Kota Kediri sidak di pasar tradisional. (Eko Arif S /JatimTIMES)

KEDIRITIMES – Menjelang Bulan Ramadhan 1440 H yang tinggal hitungan beberapa hari lagi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawangsa melakukan inpeksi mendadak (Sidak) perkembangan bahan pokok di Pasar Pahing, Kota Kediri, Jumat (3/5/19).

Dalam sidak tersebut Gubernur Jatim didampingi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, Komandan Kodim 0809/Kediri.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sesuai sampling dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri menjadi salah satu dari delapan daerah yang ditunjuk. Intervensi akan dilakukan jika kebutuhan pokok ada lonjakan harga yang tidak wajar.

“Ini untuk melihat harga bahan pokok tertentu, jika ada dinamika akan langsung kita intervensi. Kita melihat di berbagai daerah di berbagai pasar hari ini kita masih mengalami kelangkaan bawang putih,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, stok bahan baku masih mencukupi menjelang bulan suci Ramadan. Namun, kebutuhan masyarakat terhadap bahan baku meningkat sehingga terdapat beberapa bahan makanan yang mengalami kenaikan harga.

“Demand-nya memang mengalami peningkatan sehingga ada kenaikan harga pada beberapa bahan pokok tertentu. Seperti telur, daging ayam, ada juga bawang merah yang sudah mengalami penurunan harga. Hanya untuk bawang putih memang masih tinggi harganya, insyaallah minggu depan Pemerintah akan mendatangkan bawang putih impor untuk masyarakat Jawa Timur sehingga bisa segera turun,” jelasnya.

Untuk diketahui, harga bawang putih sampai saat ini masih dikisaran Rp 42.000 per kilogram. Khofifah mengatakan, impor bawang putih akan didatangkan pada tanggal 10 Mei sebanyak 15 ribu ton hanya untuk warga Jawa Timur. “Kebutuhan sebulan bawang putih di Jawa Timur 4690 ton, jadi kalau 15 ribu ton yang insyaallah turun pada tanggal 10 Mei ini maka akan cukup untuk tiga bulan kedepan,” tandasnya.

Pewarta : Eko Arif Setiono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Kediri TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top