Jadi Viral Petugas SPBU Siramkan Bensin ke Uang untuk Buktikan Kepalsuan

Petugas SPBU saat menyiram uang. (Foto: facebook Ahmad Hudlori)
Petugas SPBU saat menyiram uang. (Foto: facebook Ahmad Hudlori)

KEDIRITIMES, MALANG – Untuk membedakan uang asli atau palsu dengan tidak hanya lewat langkah 3D yakni dilihat, diraba, dan diterawang. Namun juga bisa dibuktikan dengan menggunakan bensin apakah benar?

Baru-baru ini tengah viral di media sosial cara untuk membuktikan uang palsu atau tidak adalah dengan cara disiram bensin. Hal itu dibagikan oleh seorang pengguna Facebook yang bernama Ahmad Hudlori.

Ia mengaku dalam perjalanan menuju Blitar, berhenti di sebuah SPBU di Kota Kediri untuk mengisi bensin. Karena uangnya kurang, ia hendak ke ATM terdekat dan menarik uang sebesar Rp 200 ribu.

Dengan menggunakan uang tersebut ia membayar tarif bensin di SPBU. Akan tetapi, kemudian petugas meminta izin untuk menyiram uangnya karena diduga palsu.

Saat petugas SPBU mengatakan kepada Ahmad sempat kaget dan heran, namun dia langsung mengizinkan petugas tersebut untuk menyiram bensin ke lembaran uang Rp 50 ribu miliknya.

Setelah petugas itu menyiramkan bensin pada uang miliknya, yang terjadi uang tersebut luntur dan terbelah menjadi dua lembar.

“Yang mau saya tanyakan, bagaimana menyikapi cara kita mengembalikan uang tersebut kepada pihak bank? Siapa yang harus bertanggung jawab atas uang tersebut? Kalau ternyata uang palsu terdapat di sebuah ATM bank,” tulis Ahmad Hudlori pada unggahannya.

Namun, belum bisa dipastikan apakah cara menyiram bensin memang bisa membuktikan uang palsu atau tidak. BI hanya memberikan tiga panduan menentukan uang palsu yaitu dengan cara dilihat, diraba dan diterawang.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]kediritimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]kediritimes.com | marketing[at]kediritimes.com
Top