Meletusnya Gunung Krakatau. (istimewa)

Meletusnya Gunung Krakatau. (istimewa)



Bumi kita sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu. Karena itu, sudah pasti ada banyak hal yang terjadi di bumi ini, dari yang bikin tertawa sampai yang bikin sedih bahkan trauma seumur hidup.

Namun ada peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di muka bumi ini dan menjadi momen paling menggetarkan. Berikut beberapa peristiwa yang begitu melekat pada manusia yang mengalaminya. Bahkan sampai detik ini, peristiwa-peristiwa ini masih jelas dalam ingatan manusia di muka bumi.

1. Letusan Dahsyat Gunung Krakatau

Puluhan tahun berselang setelah letusan dahsyat Gunung Tambora, yaitu gunung api yang terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, tepatnya sekitar 26 sampai 27 Agustus 1883, alam kembali didera bencana dahsyat.

Gunung Krakatau di perairan Sunda meletus hingga menghilangkan beberapa bagian dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Hampir sama dengan Gunung Tambora, letusan Gunung Krakatau juga berdampak panjang. Letaknya yang di tengah laut menyebabkan tsunami besar yang menyapu beberapa daerah di Sumatera dan Jawa.

Tak hanya itu. Langit di dunia terbentuk abu vulkanik selama beberapa hari dan sampai setahun matahari bersinar redup karena terhalang abu vulkanik. Hamburan debu tidak hanya tersebar di sekitar gunung, tapi sampai di Norwegia (Eropa) dan New York di Amerika Serikat.

Sedangkan suara letusan terdengar sampai Australia dan Pulau Rodrigues di dekat Afrika yang jaraknya terpaut sekitar 4.600 kilometer dari Selat Sunda.

Setelah letusan dahsyat yang daya kedaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom itu, di Krakatau tersisa tinggal sebuah gunung api kecil yang dinamakan Anak Krakatau. Bencana meletusnya Krakatau ini menewaskan tak kurang dari 36.000 jiwa.

2. Tenggelamnya Kapal Titanic

Inggris telah bergejolak dengan revolusi industrinya kala bencana ini terjadi. Yakni tragedi Titanic, nama kapal terbesar yang diciptakan oleh Inggris dan menjadi yang terbesar di dunia saat itu.

Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu. Bahkan disebut-sebut kapal uap raksasa ini tidak mungkin tenggelam.

Pada pelayaran perdananya, yaitu tanggal 10 April 1912, Titanic berlayar dari Southampton, Inggris, ke New York, Amerika, dengan membawa lebih dari 2.000 orang penumpang yang terdiri dari tiga kelas.

Namun dalam perjalanan, Titanic menabrak gunung es yang membuat lambung kapal sobek. Pada Minggu 14 April 1912 hingga dini hari, kapal pesiar ini pun tenggelam dan menewaskan lebih dari 1.500 jiwa.

Peristiwa Titanic menjadi hal yang buruk sepanjang sejarah kelautan di dunia dan kisahnya masih sering dibicarakan hingga saat ini. Apalagi, tragedi ini sempat diangkat ke film yang laris manis dan kembali disiarkan televisi sampai sekarang. Hingga saat ini pun, bangkai Titanic masih ada di dasar laut Samudra Atlantik.

3. Runtuhnya WTC

Tanggal 11 September mungkin menjadi tanggal keramat bagi warga Amerika. Sebab, di tanggal ini dua menara World Trade Center atau WTC di New York runtuh ditabrak dua pesawat.

Diduga pelaku serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris. Serangan dilakukan dengan menabrakkan pesawat komersial ke gedung kembar WTC. Pesawat itu sebelumnya dibajak.

Dalam peristiwa ini, banyak orang tewas. Banyak pula yang luka-luka. Peristiwa ini menjadi perhatian dunia dan PBB.

4. Tsunami Jepang

Pada 11 Maret 2011, Jepang ditimpa bencana tsunami yang hebat. Dalam peristiwa tsunami dengan tinggi gelombang 10 meter ini, sedikitnya 15.000 jiwa tewas dan 8.000 lainnya hilang.

Banyak yang bilang jika tsunami kali ini sedang pulang kampung. Pasalnya, nama tsunami berasal dari bahasa Jepang itu sendiri yang artinya adalah bergulung-gulung. 

Tsunami pada 2011 ini menerjang pantai Semenanjung Oshika dan Pantai Timur Tohoku serta beberapa lokasi lainnya di Jepang.

5. Tsunami Aceh

Indonesia juga pernah diterjang tsunami dari Samudra Hindia, tepatnya di Aceh, pada 26 Desember 2004.

Tsunami Samudra Hindia ini adalah bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah. Pusat gempa yang berada di lepas pantai sebelah barat Sumatera membuat Indonesia mengalami dampak yang paling besar, selain India dan Thailand.

Sebelum tsunami datang, Aceh dan Sumatera Utara didera gempa dengan skala tinggi. Gempa ini di kenal sebagai gempa Sumatera Andaman.

Peristiwa ini menewaskan 230.000-280.000 jiwa di 14 negara. Indonesia yang terbanyak. Tsunami ini juga menenggelamkan sejumlah permukiman pesisir.

 


End of content

No more pages to load