Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menghadiri seni pelajar se-Kota Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menghadiri seni pelajar se-Kota Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)



Pemerintah Kota Kediri menggelar seni budaya pelajar Kota Kediri (Genibudjari) untuk kali ke-3. Acara yang dimeriahkan oleh 250 pelajar mulai dari SD hingga SMA di Kota Kediri ini diadakan di GOR Jayabaya, Minggu (18/8/19) malam . Para penonton disuguhi gerak tari dan drama kolosal yang mengambil kisah Panji Semirang.

Ditemui usai menyaksikan seluruh rangkaian acara, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, Genibudjari sengaja diselenggarakan untuk mewadahi bakat dan kreativitas para pelajar di Kota Kediri sekaligus melestarikan budaya.

"Acara ini memang untuk mewadahi pelajar di Kota Kediri yang seninya berbasis tradisi. Karena kami melihat bahwa kesenian berbasis tradisi itu yang nguri-nguri jarang dan tidak ada medianya. Maka dari itu dinas pendidikan mengadakan Genibudjari, sehingga kita masih terus bisa melestarikan budaya khususnya kepada pelajar-pelajar," kata Mas Abu, panggilan wali kota.

Dengan digelar rutin setiap tahun, orang nomor satu di Kota Kediri tersebut berharap Genibudjari bisa diketahui masyarakat luas. Lebih lanjut kepada pelajar Kota Kediri, Mas Abu berpesan agar bangga dengan tradisi dan budaya bangsa sendiri.

"Saya berharap acara ini bisa dipertontonkan kepada seluruh masyarakat. Ke depan, pasti acaranya akan lebih keren lagi karena mereka mengadakan evaluasi dari tahun ke tahun. Dan harapan saya nanti banyak sponsor dan semakin banyak penontonnya. Sehingga masyarakat bisa memberikan penghargaan dengan cara menonton. Untuk pelajar Kota Kediri, kita mesti bangga dengan tradisi kita karena setiap negara memiliki tradisi masing-masing. Mari kita hargai tradisi kita dan kita bikin keren tradisi kita," pungkas nya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto mengungkapkan, gelaran seni budaya pelajar Kota Kediri dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan perbaikan. Siswanto melanjutkan, untuk kegiatan seperti Genibudjari di Indonesia khususnya di Jawa Timur baru ada di Kota Kediri.

"Ini bisa terjadi karena dari pemerintah Kota Kediri memfasilitasi kegiatan seni budaya seperti ini. Untuk itu, kepada semua Ibu dan Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang tergabung dalam kegiatan ini saya sampaikan terima kasih. Karena sulit untuk memadukan antara satu sama lain dan alhamdulillah berkat kerja sama yang bagus antar Bapak/Ibu guru acara pagelaran ini bisa diwujudkan dengan lancar dan sukses. Mudah-mudahan hal-hal yang bagus ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan," ungkap Siswanto.

Selain dihadiri wali kota Kediri dan kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, turut hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar.

 

 


End of content

No more pages to load