Petugas memotong pohon yang menimpa sebuah mobil. (eko Arif s /JatimTimes)
Petugas memotong pohon yang menimpa sebuah mobil. (eko Arif s /JatimTimes)

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (9/12/19) sore, menumbangkan puluhan pohon dan menimpa beberapa kendaraan dan beberapa rumah.

Menurut keterangan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno mengatakan, ada beberapa kendaraan yang dilaporkan mengalami kerusakan karena tertimpa pohon.

"Beberapa lokasi mobil yang tertimpa itu, di antaranya di Jalan Sriwijaya, Kota Kediri. Pohon tumbang menimpa mobil Suzuki Karimun AG 1587 AZ dan kabel telkom. Di Jalan Hayam Wuruk, depan telkom, terjadi pohon tumbang menimpa mobil Datsun AG 1691 AS dan satu rombong PKL. Di Jalan Pattimura, pohon tumbang menimpa minibus dan menyebabkan kanopi ambruk,"kata dia.

Sementara itu, akibat pohon tumbang di Sumber Jiput Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri, ada satu korban meninggal dunia. Korban adalah Wahyu Mukti Prasetio (18) , mahasiswa IAIN Kediri asal Desa Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.

Di tempat lain Kapolsek Kediri Kota Kompol Suyitno mengatakan, satu korban meninggal dunia sudah dievakuasi ke rumah sakit. “Korban tertimpa pohon yang patah mengenai kepalanya,” ujar Kompol Suyitno saat dilokasi.

Diketahui di sumber jiput banyak warung kopi yang berada di bawah pohon-pohon besar. Saat kejadian, korban Wahyu sedang bersantai di warung kopi milik Hendrik Wijaya. Tiba-tiba ada angin kencang membuat dahan pohon patah di atas warung kopi. Korban tertimpa pohon tepat di kepalanya.

Sampai saat ini polisi masih memasang garis polisi agar warga tidak mendekat tempat kejadian. Selain banyak motor dan warung yang tertimpa pohon, juga banyak pohon besar yang miring sehingga membahayakan warga.

Pada awal November lalu, hujan terjadi di sejumlah daerah dengan intensitas yang tidak terlalu sering, namun dimungkinkan akhir November hingga awal Desember hujan akan mulai merata.

Merujuk dari informasi BMKG, beberapa potensi itu, seperti turunnya hujan lebat disertai petir, puting beliung, angin kencang, dan hujan es. Warga diminta berhati-hati ketika hujan deras terjadi dengan berteduh di tempat yang aman.