Petugas menyemprotkan disinfektan di lingkungan kerja DLHKP. (Eko Arif S /JatimTIMES)
Petugas menyemprotkan disinfektan di lingkungan kerja DLHKP. (Eko Arif S /JatimTIMES)

Upaya sterilisasi kawasan guna mencegah meluasnya pandemi virus Corona (COVID-19), Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja DLHKP dan sejumlah taman di Kota Kediri, Senin, 23 Maret 2020.

Menurut Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur mengatakan, untuk mencegah penyebaran virus Corona merupakan tindak lanjut surat edaran dari pimpinan. Langkah-langkah yang kita lakukan yakni menyediakan tempat cuci tangan dan menyediakan handsanitizer. Sedangkan untuk gedung bangunan dan ruang kantor kita menyemprotkan disinfektan.

"Dan insyaallah terus kita lakukan penyemprotan dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dengan bahan material yang ada kita lanjutkan untuk semua taman di Kota Kediri. Secara bergilir hari ini mungkin kemampuan tenaga kita dua taman, besok dua taman terus berputar hingga kondisi normal terus kita lakukan penyemprotan di bawah kewenangan DLHKP," kata dia.

Ditambahkan Didik, untuk karyawan sudah diimbau untuk menjaga jarak, karena menjadi tugas DLHKP di bidang kebersihan, nyapu jalan, mengurusi sampah, semuanya tetap bekerja. "Tetapi kita sudah menyampaikan petugas yang ada di lapangan untuk menjaga diri masing masing, menjaga social distancing. Intinya kita mencegah penyebaran virus Corona," imbuhnya.

"Sedangkan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terus kita semprot disinfektan secara berkala oleh DLHKP. Jumlah karyawan yang langsung bersentuhan dengan sampah sekitar 100 orang, dan mereka sudah kita beri perintah untuk selalu menggunakan handsanitizer setiap kegiatan," pungkasnya.